Sabtu, 22 Agustus 2015

Perbaikan Jalan di Tanjung Beringin : Asal Jadi atau Dikorupsi?






TANJUNG BERINGIN | DNA -  Banyaknya kondisi jalan memprihatinkan di Kecamatan Tanjung Beringin terutama diruas jalan Desa Pekan Tanjung Beringin diduga dikerjaan asal jadi.

Pantauan DNAberita.com, Jumat (14/8/2015) beberpa titik ruas jalan mengalami kondisi rusak parah, berlobang, terkelupas dan bergerigi disisi (beram) jalan seperti di Jalan Pahlawan.

Meski telah dilakukan perbaikan Juli lalu, kini kondisi jalan tersebut kembali mengalami kerusakan, diduga pengerjaan perbaikan dari Dinas PU (Pekerjaan Umum)  Bina Marga Sergai melalui rekanan ini dilakukan hanya tambal sulam saja mengingat Kecamatan Tanjung Beringin menjadi tuan rumah pada kegiatan takbir Idul Fitri 1436 H yang dihadiri Bupati Ir. H. Soekirman bersama petinggi Kabupaten ketika itu, sehingga pengerjaan pun dikebut asal siap saja.
Selain di Jalan Pahlawan, pantauan DNAberita.com Jalan Mesjid dan Sena Desa Pekan Tanjung Beringin pun mengalami kondisi yang sama. 

Meski tengah dikerjakan saat ini, namun pekerjaan yang dilakukan sama sekali terlihat tidak wajar sebab dilokasi tidak ditemukan papan informasi (Plank Proyek) yang dibuat oleh rekanan sesuai dengan Kepres Nomor 80 Tahun 2003 tentang Papan Informasi dan mengkangkangi UU Nomor 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik, karena tidak diketahui volume, sumber anggaran dan lama pekerjaan yang dilakukan sehingga proyek tersebut terkesan menjadi proyek siluman yang sengaja ditutupi untuk mencari keuntungan pribadi. 

Terkait hal itu, Pengawas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Serdang Bedagai, yang dikenal dengan panggilan "Sijek" ketika dikonfirmasi via seluler, tidak menjawab panggilan wartawan. Sementara pengawas pengerjaan di lokasi, Armin mengatakan pekerjaan perbaikan jalan itu merupakan swakelola. "Itu dikerjakan swakelola bang", ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara Indonesia (PENJARA) Sergai, Nur Usman Purba SE meminta pada Pemerintah khusunya instansi terkait untuk segera melakukan evaluasi atas pekerjaan itu dan segera  mengambil langkah ketegasan bagi oknum-oknum jika  terbukti  dapat merugikan keuangan rakyat.(nov|sb).


sumber ; Jalan sergai rusak

1 komentar: